cerita dibalik copy parrarel dan offset

ceritanya nih..lagi dapat kerjaan buat ngereview jalan, bikin peta jaringan jalan gitu pake data primer hasil survei..lalu dievaluasi menggunakan peta jadul (hehehe..walaupun peta jadul, salut banget sama yg buat peta ini..cz..telaten banget..handmade loh)
nahh...masalahnya, bikin petanya ini pakenya software autocad..hehehe..secara saya bukan anak sipil yg mahir dengan autocad,saya anak geografi yang lebih akrab dengan arcgis. mati gaya lah ketika harus berhadapan dengan si autocad.
ketika saya nanya2 ke teman gimana cara buatnya jaringan jalan itu pake autocad, gini prosesnya:
1. tentukan dulu as jalan nya
2. dari as jalan tersebut dibikin offset nya sesuai dengan jarak di kiri dan kanan as jalan..jadilah garis dua dimensi yang menggambarkan rumaja (ruang manfaat jalan)
setelah tau..ternyata cukp simpel..hehehe.. (padahala waktu belum ta pusingnya minta ampun)
well..setelah beberapa waktu..kepo juga nih sama arcgis tersayang..masak sih arcgis ga bisa melakukan hal yang sama seperti autocad?
setelah searching beberapa kali dan nanya para masternya arcgis yang kukenal (hehe)...akhirnya nemu juga cara membuat jaringan jalan dua dimensi (pake ukuran) di arcgis..for more detail, see the picture bellow:
1.  Karena aku mau evaluasi jalan pakai peta yang sudah ada (peta yg dibuat di jaman purba), jadi aku siapin peta yg dipakai buat pedoman review jalan. Nih contohnya seperti yang ada di bawah ini
Peta dasar
tentunya, peta tersebut sudah direktifikasi ya biar
 samaan.










2. Setelah itu bikin as jalannya, aku bikinnya berdasarkan peta purba itu ya..kan itu yang dijadikan pedomannya..., see the pict bellow ya
digitasi as jalan
digitasi as jalan berdasarkan peta dasarnya, garis digitasi dalah yang berwarna merah itu ya..










3. after that...mulai deh copy parallel ..tools ini ada di toolbar editor, klik  aja, nanti pilih yg copy parallel, kayak digambar ini:
copy parallel












4. setelah itu muncul dialog box ini
 dialog box copy parallel












setelah muncul dialog box,kita bisa isikan berapa jarak garis yg akan di copy parallel, klau mau buat dimensi jalan ya isikan berapa meter garis di kiri dan kanan dari as jalan..disitu juga diberi pilihan, disebelah mana garis akan dicopy. setelah itu klik ok, hasilnya akan seperti digambar dibawah ini:
result
oiya lupa, tadi sebelum klik copy parallel, diaktifkan dulu toolbar editornya degan cara start editing, lalu pilih file yg akan diedit, terus di select garis yang mau dicopy parallel ya...
ok sekian dulu moga bermanfaat :D

Comments

Popular Posts