download citra satelit resolusi tinggi (masih ada cara)

Beberapa waktu lalu, alhamdulillah sedang ada proyek baru, hehe..seneng sih..sekaligus galau..seneng dapat new experience dan galau karena dalam proyek itu butuh citra satelit resolusi tinggi semacam citra satelit yang bisa diunduh via google map or google earth. Dulu dulu sih...masih ada screen grab nya mozilla yang bisa dipakai untuk mengungduh citra dari google maps, caranya saya posting di sini. tapi..itu pakai setting google map yang dulu lho..karena tampilan sekarang tidak ada fitur link nya..hehe..jelas aja kan sekarang google mewajibkan beli lisensi bagi user yang ingin mengunduh citra satelit yang bersumber dari google map or google earth. Karena inilah jadi galau..citra satelit yang kupunya sudah out of date..haha tahun 2002 (tapi ini citra Ikonos asli) dan tahun 2009 (yang ini resolusinya jelek dan cuma sebagian kota aja yang tercapture)
Akhirnya hasil berburuku di depan laptop beberapa hari ini, dapatlah sebuah hasil, yaitu sasplanet. SASplanet bisa di download dan dilihat video cara downloadnya di sini. Nah biar tidak kesulitan mengikuti petunjuk di video, saya buatin step by step guidlines nya deh, mumpung saya lagi baik hati..hehehe..
1. tentunya download dulu SASplanetnya
2. after download, buka deh softwarenya, tampilannya akan seperti ini
3. Habis itu, tentukan daerah yang akan dicapture pake selection manager yang ada di kanan atas, dalam contohh ini saya pakai rectangular selection. Gambarnya ada di bawah ini ya
4. saya pilih daerah solo ya. Look at this picture bellow ya

5. after that, akan muncul dialog box seperti di bawah ini, pilih level zoom, dalam contoh ini saya pilih 19,klik start:
6.  Setelah itu akan muncul kotak dialog box dibawah ini

7.Setelah itu pilih "stitch" yang ada di kotak dialog selection manager, lalu pilih level zoom 19, pilih output format ECW, proyeksi mercator/WGS84, quality 100%, kalau bingung liat gambar ini ya, eh jangan lupa select output file ya :

7, klik start, lalu tunggu proses download
 8. setelah selesai, bisa dibuka di software arcgis..dalam contoh ini, saya buka di global mapper, kayak gambar di bawah ini:
oke, gampang kan.selamat belajar :D




Comments

  1. untuk georeferensinya kita harus melaukan dari awal lagi ya dari nol, setelah saya download ternyata koordinatnya tidak sama dgn di lapangan

    ReplyDelete
  2. cara mengubah tahun di Sasplanet gimana dan menghilangkan awan di peta citra ?

    ReplyDelete
  3. cara mengubah tahunnya gimana ya?
    tolong infonya. thanks

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts