View Of Disaster

Beberapa tahun lalu, tepatnya tahun 2010, saya berkesempatan merasakan sebuah fenomena alam gunungapi yaitu erupsi, sebuah erupsi linear yang memiliki tipe letusan merapi. Yups, karena letusan ini unik makanya dinamakan sesuai dengan gunungapi nya...sudah bisa tebak dong itu dimana? iyah salah satu gunungapi aktif di Indonesia yag terletak di ujung utara provinsi Yogyakarta. Saat 2010 lalu saya bersekolah disana, di lereng sebelah selatan merapi kurang leih 25 km dari puncak merapi..hehe..OK kembali lagi, jadi tahun 2010 itu merapi tidak meletus sesuai dengan karakternya..bukan letusan bertipe merapi, sekali lagi saya salah..kata mbah Rono (Surono, waktu itu kepala PVMBG) mengatakan bahwa merapi merubah letusannya dari letusan merapi menjadi letusan vulkanik, letusan vulkanik ditandai dengan letusan yang memunculkan asap kolom yang terbangun vertikal sepanjang 10 km, letusan merapi juga biasanya menghancurkan kubah lava yang ada di puncak merapi lalu kubah lava itu gugur dan turun ke lereng dan orang lokal  biasanya menyebut  debris flow itu dengan wedus gembel., dan itulah karakteristik merapi dan karena itu tipe letusannya unik dan satu satu nya di dunia, bisa diyangkan dong bagaimana kerennya melihat langsung fenomena itu? dan ruang kelasku adalah tempat paling perfect untuk melihat merapi, saat dia cantik dan saat dia garang seperti sekarang ini. Ruang kelas dengan jendela lebar menghadap langsung ke arah merapi...tapi sayang dan maaf..saat itu hapeku tidak kompatibel untuk memotretnya..(hehehe)
ok karena saat itu merapi sedang anomali..hehehe...baik dari tipe letusan dan arah letusan (saat 2010 arah letusan ke selatan), tapi nanti kita akan melihat foto foto pasca letusan (hehehe...in bukan menjadikan daerah bencana sebagai objek wisata lho)
Nah, saat itu aku berkesempatan pula merasakan gempa vulkanik dari merapi (terimakasih Ya Alloh lewat merapi aku bisa merasakan kekuatan-Mu), dan saat membuka pintu kos di pagi hari aku melihat pemandangan luar biasa, pemandangan kontras yang kulihat sangat berbeda dari sebelumnya, yaitu semua permukaan di luar yang tertutup oleh debu vulkanik, mirip kayak suasana waktu harry potter di deadly hollows hahaha...
Nah, daripada denger ceritaku yang ngalor ngidul, mending kita lihat saja foto-foto ini saja ya..hehehe..lets check it out!
NAh gambar di atas itu adalah sungai...yah..sungai Gendol, tempat dimana debris flow mengalir, dahulu sungai ini memiliki tebing tebing yang curam lho..tempat para penambang pasir mencari nafkah mencari barang tambang bahan galian C (duh sorry kalau salah sebut). Kita lihat sisi positifnya ya, dengan merapi erupsi, kini bahan tambang itu seperti di supply lagi dengan supply yang sangat banyak dan bermutu, tau sendiri kan pasir merapi itu kualitas wahid. Jadi sebenarnya, erupsi merapi itu juga membawa keberkahan...u know..alam tak pernah mengambil apapun dari kita..kita yang sebenranya sering mengambil apapun miliknya,jadi kalaua dia ingin mengambil miliknya yang telah kita ambil ya itu sangat wajar bukan? toh pada akhirnya..dia akan memberikan lagi miliknya dengan lebih berlimpah...
so, selamat bersahabat dengan alam.. :D

Comments

Popular Posts