Episode "Data Manipulation"

Ini agak menggelikan sih..hehe..waktu itu aku bingung bagaimana cara menuliskan data di tabel arcgis secara cepat, karena aku mau bikin skoring untuk pemetaan rawan banjir. Data yang akan kubuat ada lebih dari 4 ribu data, kebayang dong kalau ditulis manual, bisa bikin keriting tangan..hehehe...trus kebiasaanku ketika ga tau adalah googling dan nanya kanan kiri, sampe kepo banget pokoknya, dan ga nemu caranya gimana ini, sampe gemes banget...kepo 3 hari dan ga ada hasilnya, trus akhirnya nyerah googling dan coba coba sendiri..klik kanan dan klik kiri, klik sana sini..dan aha!!! nemu deh caranya, setelah nemu caranya sampe ngakak, menertawakan diri sendiri karena konyol banget, itu cara sederhana yang kulupakan..hadehh...padahala awalnya mikirnya susah banget, caranya gampang banget kok cuma memanfaatkan "select by attribute" dan "field calculator"...ok..langusng aja ini step by stepnya:
1. Buka layer yang akan dimanipulasi datanya, pada layer window klik kanan, open atrribute table, lalu pilih "select by attribute" yang ada di toolbar select (toolbar atas)
2. lalu akan muncul dialog box, pilih layer yang akan di select, lalu pilih klik field dengan cara double klik nama field nya, lalu akan muncul di kota "select FROM" ketik " = ", lalu pilih "get unique value" pilih value lalu klik OK

3. Setelah itu, value yang telah dipilih akan ter"select" yaitu value tersebut akan berubah warna (dicontoh ini berubah jadi warna biru), selain gambar, value di tabel juga akan berubah warna(dengan warna yang sama), bisa dilihat di gambar berikut ini nih...trus pada tabel klik kanan field "skoring" lalu pilih "field calculator"

4. Akan muncul dialog box "field calculator" seperti di bawah ini, lalu ketik skor pada kota skoring sesuai dengan value yang kita pilih tadi, dalam contoh ini value 4 mempunyai skor 20, jadi saya ketik 20, lalu klik OK
5. Setelah klik OK, lalu akan muncul hasilnya seperti dibawah ini:
Pada value 4 akan muncul nilai 20 secara otomatis, jadi ga perlu nulis satu per satu, simple kan?
selamat mencoba (ohya, maaf ya bahasanya kalau agak kacau dan susah dimengerti, langsung leave comment aja, OK)

Comments

Popular Posts