Spheroihedral Weathering

Sumber: dokumen pribadi
 Pelapukan mengulit bawang....nih apalagi ya???dulu waktu kita SD kan kita diajarin macam2 pelapukan ya....masih ingat nggak? pelapukan disebabkan oleh beberapa hal, nah kalau pelapukan mengulit bawang ini apa ya???
Pelapukan atau istilahnya adalah weathering adalah proses perusakan batuan pada kulit bumi karena pengaruh cuaca antaralain suhu, curah hujan, kelembapan, atau angin. Pelapukan dibagi dalam 3 macam yaitu mekanis, kimiawi, dan biologis...nah...kalau pelapukan mengulit bawang termasuk dalam pelapukan mekanis atu pelapuka fisis. Pelapukan ini disebabkan oleh pemuaian, pembekuan air, perubahan suhu tiba-tiba, atau perbedaan suhu yang sangat besar antara siang dan malam.
Pelapukan mengulit bawang ini terjadi karena adanya perubahan suhu dari  panas menjadi dingin, sehingga menyebabkan retak-retak. Retakan ini terjadi secara radial. Biar lebih jelas bisa dilihat pada gambar disamping ini. Nah, jika proses ini terjadi terus menerus, maka batuan ini menjadi terkelupas, sehingga pelapukan ini sering di sebut pelapukan mengulit bawang, karena proses pengelupasannya seperti pengelupasan pada bawang. Pengelupasan mengulit bawang ini sering juga disebut spheroihedral weathering. Nah jika proses pengelupasan itu berjalan terus.......batuan yang terlapuk akan berbentuk seperti bola, makanya pelapukan ini juga disebut pelapukan membola, karena batuan yang terlapuk akan berbentuk seperti bola. Nggak percaya???lihat gambar di bawah ini....
Sumber: dokumen pribadi

Comments

Popular Posts