Kaldera Berkawah Di Puncak Sindoro (Part 2)

...
Perjalanan dari pos 1 ke pos 2 langsung mengajakku berfikir, hufft...berat juga, jalan naik dan licin karena tanahnya basah, tekstur tanahnya didominasi sama liat dan debu, tau sendiri kan gimana konsistensii tanah dengan tekstur itu...kalo ga hati hati bisa tergelincir. Pepohonan yang mendominasi adalah pepohonan dengan akar tunggang. Jalan ang kami lewati adalah jalanan sempit yang didomnasi oleh jalan air, namanya jg jalan air pastilah licin dan sempit. Tapi enaknya jalan ke pos 2 ini ga nanjak nanjak amat...tp entah sudah berapa kali aku dan temanku (mb ririn) mengajak untuk berhenti..hehehe...aku masih amatiran naik gunung kan, jd dimaklumi dong...hehehe...
Well, akhirnya sampai jg di pos 2. Sayangnya pos 2 tak sempat terdokumentasikan. Kami sempat minum dari air yang dibawa si jutek ..hehehe...tampangnya masih jutek, mungkin pikirnya "ini berhenti berhenti terus,kapan sampainya???" Perjalanan dari pos 2 menuju pos 3, kali ini aku kebagian bawa carrier. For the first time, ternyata carrier berat banget, ohh..apalagi jalanan mulai menanjak..tapi ga apa walau sering berhenti tapi sempat semangat buat jalan. Jalur pendakian yang aku lewati ini nampaknya merupakan daerah bayangan hujan, jadi keadaannya kering. Naik ke atas dikit, yang ada adalah batu batu kering. Bahaya juga kalau sampai tergelincir.Ketebalan tanahnya tipis, karena proses pembentukan tanahnya lambat, jadi yang sering dijumpai adalah batuan batuan yang baru melapuk, dengan warna terang putih pucat.
Alhamdulillah kuat juga aku bawa carrier sampai pos 3, tapi kami ga berhenti di pos 3, padahal di pos 3 rame banget..hahaha...lanjut langsung menanjak ekstrim..dan..akhirnya ga kuat jg bawa carrier, dan carrier pun berpindah punggung juga ke mbak yani..heheheh....

Sebagai orang awam, jalan di kemiringan 65 derajat (perhitunganku sih) sangat susah dan tidak memungkinkan untuk  berjalan tegak, bagiku itu bukan lagi jalan, tapi manjat
Setelah lihat gambarnya lagi jadi pengen naikin presentase kemiringan lerengnya deh jadi 75 derajat gitu..hehehe...wah sayangnya ga bawa RBI sih,kalo bawa beneran tak hitung deh itu kemiringan lerengnya. Nah di part yang ini, si jutek dan temannya jalan duluan, mereka kayak kelinci aja lompat lompat dari batu ke batu, dan jalannya cepet, males kali ya udah nungguin kami para perempuan yang jalannya sekali langkah berhenti buat tarik nafas..hehehe...aku yang ga bawa barang aja udah ngos ngos an jalan begini, apalagi mb yani yang bawa barang bawaaan kami..duhh,,,jazakillah ya mbak yani.. :D
Daripos 3 sampe ke pos 4 ini merunutku track yang paling panjang, dan nanjak,trus ga enaknya lagi ada pos PHP nya banyak banget...hihihihi..setiap ngeliat di atas ada tanah sedikir datar, pasti langsung mengira..hore..itu Pos 4!!!, dan ternyata bukan..hfft...dan itu berulang kali kejadian kayak gitu...hingga suatu saat, tibalah beneran di POS 4..yeay...itu artinya ga lama lagi akan mendekati puncak!!! congrats us :D
Wait...aku duluan yang sampai, karena setelah 2 orang tadi yang duluan, selanjutnya adalah aku, sampai POS 4 aku teriak teriak menyemangati yg masih di bawah "woy...POS 4 ini,beneran...ayo naik!!!"
Di pos 4 ini sudah menunggu 2 orang tadi, bingung jg mau ngajak ngomong, pertama karena mereka terutama si jutek asli jutek banget dan cuek banget, aku datang aja dia nggak ngeliat, nggak bilang juga "eh, akhirnya sampai" or basa basi apa gitu..hahaha...ya udah, aku yang nyapa duluan deh, basa basi gitu, malah jadinya agak random aneh ga jelas "wah kalian nungguin kita berapa menit?" dijawab singkat "45 menit" itupun yg jawb yang satunya lagi, si jutek diem aja, noleh pun enggak. Trus waktu itu ada 2 orang pendaki yang baru turun dari puncak, mereka istirahat sebentar di pos 4, pas disana mereka nyetel lagu "pay phone" nya maroon 5, daripada garing nyanyi ajalah aku, belaga fatin nih, padahal suara cempreng kualitas kaleng gini, peduli amat.
Selanjutnya ada di Part 3  ya..

Comments

Popular Posts