Hidroponik, Menanam Sayur Sendiri Di Halaman Rumah

Suka berkebun?
Kalau aku sangat suka berkebun. Entah, rasanya menanam sendiri sayur yang kita makan sehari-hari itu rasanya lebih menyenangkan. Selain itu, aku sangat suka dengan bahasan tentang teknik teknik bertanam yang menggunakan bahan bekas atau sampah,misalnya vertikal gaerden menggunakan botol bekas yang pernah aku tulis disini. Kali ini, aku pengen nyoba cara tanam pakai hidroponik. Apa itu hidroponik, sederhananya hidroponik itu adalah cara tanam menggunakan media air. Sebagai wadanya bisa menggunakan botol bekas air mineral, menggunakan sistem wick, yaitu sistem yang paing sederhana dipakai pada cara penanaman dengan hidroponik. Well, kenapa pakai botol bekas air mineral? sebenarnya pakai apapun bisa kok, bekas jerigen, pokoknya wadah bekas lah, hehehe...sekalian menerapkan reuse and recycle dalam waste management kan?? think green. ok
Nah, jangan lupa ya, air yang dipakai dalam hidroponik harus pakai nutrisi, kan biasanya tanaman yangditanam ditanah mengambil nutrisinya dari dalam tanah, so karena hidroponik pakai air jadi kta harus menambahkan nutrisi ke dalam airnya. Nutrisi untuk hidroponik bisa dibuat sendiri, bisa juga beli. Biar ga ribet aku bel nutrisinya di pelangiflora.com
Di toko online tersebut kita juga bisa membeli benih sayuran dan benih tanaman lain misalnya herb, bunga, buah, dan juga media tanam, lengkap pokoknya :D
Oke, kita lihat hasilnya sebulan kedepan ya, sambil nunggu bibit sayuran sama nutrisinya belum datang nih, jadi kalau ada yang mau mencona lihat gambar dibawah ini aja dulu..semoga menginspirasi :D


Comments

Popular Posts