Berapa lama lagi kereta api akan hilang dari Indonesia?

Stasiun Lempuyangan
Beberapa hari yang lalu saya melakukan perjalanan dengan menumpang kereta Pramex jurusan Jogja - Solo, naik dari stasiun Lempuyangan Jogjakarta. Pada tiket tertulis kereta berangkat pukul 16.22, saya menunggu...sampai jam yang tertera pada tiket telah melampaui 10 menit...saya tanya ke bagian informasi, ternyata kereta mengalami keterlambatan, dan akan segera tiba 5 menit lagi. Ah, tapi mending itu cuma terlambat 15 menit, hal yang lebih tidak mengenakkan saya masih ada lagi yaitu waktu kereta mogok sehingga ada pengalihan jadwal keberangkatan, alhasil saya terlambat datang kuliah. Gimana mau naik transportasi umum kalau keandalan transportasi umum belum bisa dipercaya??? Berapa banyak kereta yang masih bisa dioperasikan untuk melayani permintaan penumpang yang semakin meningkat? Dan saya tidak pernah mendengar pengadaan kereta api, memperbaiki rel kereta api,  yang saya dengar adalah membangun jalan, yang saya dengar adalah konsumsi kendaraan pribadi meningkat.
Oke, masalah keterlambatan saya masuk jam kuliah mungkin masih mending jika dibandingkan dengan masalah teman saya yang juga pengguna kereta. Dulu, teman saya merupakan penumpang setia kereta jurusan solo-cilacap, akan tetapi sekarang dia sudah tidak lagi menggunakan kereta kalau mau pulang ke cilacap. Bukan karena dia takut terlambat atau tidak mau dengan pengalihan jadwal keberangkatan, tetapi karena jalur kereta solo-cilacap telah dihapus. Sekarang, jalur kereta yang masih ada hanya sampai Solo - Purworejo.
Kisah kereta ini adalah kisah paling ironis, saya teringat lagi satu kisah yang membuat saya miris. Waktu itu, saya dan beberapa teman saya sedang menuju Banjarnegara, saya lupa tepatnya dimana dari jalur Jogja-Banjarnegara kami melihat bekas tiang kereta api, lalu kami lihat bekas rel yang diatasnya telah berdiri warung, rumah, dan tempat usaha lain. Waktu itu kami menduga itu memang rel kereta api peninggalan jaman Belanda. Coba bayangkan dahulu ternyata ada jalur kereta dari Jogja ke Banjarnegara. Berapa banyak aset yang kini malah ditelantarkan oleh pemerintah? Sementara di samping jalur kereta yang telah mati itu telah dibangun jalan raya yang mulus.
Saya jadi berfikir, apakah kereta api Indonesia akan dihilangkan dan tidak lagi dipergunakan sebagai sarana transportasi massa? Kira-kira berapa lama lagi ?


Comments

Popular Posts